Gejala Hipertensi dan Ciri Cirinya

Gejala Hipertensi dan Ciri Cirinya - Penyakit hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit ini sudah umum dan banyak dialami oleh masyarakat kita baik tua maupun muda. Kita yang hidup di kota besar biasanya mudah terkena oleh penyakit tekanan darah tinggi ini. Karena pola hidup kita yang serba instant dan tidak teratur dengan mudahnya memicu terserangnya penyakit tekanan darah tinggi ini. Tekanan darah normal apabila diukur dengan tensi meter adalah sekitar 120/90 mmHg. Jika anda memiliki tekanan darah tinggi sudah pasti berada di atas angka itu. Mungkin diantara kita ada yang tidak pernah mengecekan kesehatan ataupun tekanan darah secara rutin. Tidak ada salahnya anda sesekali mengecekan tekanan darah anda. Di Puskesmas, maupun beberapa apotik banyak kini yang menyediakan sarana cek tekanan darah. Selain itu perlu kita mengetahui  ciri-ciri dan gejala hipertensi, diantaranya adalah sebagai berikut :

Gejala Hipertensi dan Ciri Cirinya

  1. Sakit dibagian kepala

Disaat tekanan darah melonjak naik, anda akan merasakan sakit dibagian kepala yang agak serius secara terus –menerus ataupun sering. Ini merupakan gejala awal bagi penderita  tekanan darah tinggi. Sakit kepala ini menyerang anda yang biasanya sedang memiliki tekanan darah tinggi sekitar 180/110 mmHg


  1. Mimisan

Mimisan juga merupakan gejala awal anda memiliki hipertensi. Jika anda mengalami mimisan yang terus menerus dan sering, sebaiknya segeralah konsultasikan ke dokter.

  1. Mual dan muntah

Mual dan muntah juga menjadi ciri-ciri hipertensi, terutama jika disertai pandangan kabur dan juga nafas menjadi pendek/ngos-ngosan.

  1. Mati rasa/kaku

Naiknya tekanan darah juga terkadang ditandai dengan gejala kesemutan/kaku mati rasa. Ini sebenarnya adalah tanda awal penyakit stroke.

  1. Titik darah pada bagian mata

Jika anda memiliki titik darah dibagian mata anda bisa jadi menjadi gejala awal hipertensi. Sebaiknya segera mengecek tekanan darah anda.

  1. Merasa Pusing

Perasaan pusing terus menerus bisa menjadi ciri-ciri hipertensi.

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan rendah garam, mengurangi konsumsi makanan olahan,  perbanyak konsumsi buah dan sayuran, mengurangi konsumsi gula dan mengganti dengan Tropicana gula jagung rendah lemak. Selain itu disertai olahraga teratur, sehingga tuhub kita menjadi sehat. Semoga artikel ini bermnfaat.

SHARE ON:

Buat Teman-teman pembaca yang merasa informasi yang kami share berguna, silahkan bantu dengan melakukan share ke sosial media teman-teman. Dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ini

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.